Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah

Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah - Hallo sahabat Belajar Excel Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Excel, Artikel Tips mudah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah
link : Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah

Baca juga


Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah

Bagi sebagian besar orang menghitung dalam jumlah banyak adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi jika hanya punya kemampuan yang sedang dalam hal menghitung tentunya perlu bantuan untuk melakukannya. Apalagi jika terdesak oleh kondisi dan memerlukan waktu yang cepat. Program Ms Excel merupakan solusi tepat untuk membantu dalam menghitung data secara tepat dengan hasil yang akurat. Dalam aplikasi Ms Excel terdapat rumus-rumus yang dapat digunakan untuk menghitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya menggunakan tanda-tanda tertentu. Untuk lebih jelasnya perlu mengenal tanda-tanda tersebut dengan membaca penjelasan di bawah ini.

1. Tanda + digunakan untuk menjumlahkan.
2. Tandadigunakan untuk mengurangkan.
3. Tanda * untuk mengalikan.
4. Tanda / untuk membagi.
5. =SUM digunakan untuk menjumlah data atau semua data.
6. =Max berfungsi menentukan nilai terbesar.
7. =MIN untuk menentukan nilai terkecil.
8. =AVEREGE dan =COUNT untuk menentukan rata-rata jumlah. 

Setelah mengenal beberapa tanda di atas, tanda-tanda tersebut dapat langsung diaplikasikan pada data yang akan diolah dengan cara-cara berikut ini:

1. Siapkan data yang akan dihitung, misalkan seperti contoh di bawah ini terlutis pada kolom H dan I yang keduanya mulai kolom 3 sampai kolom 10 (kebawah).

2. Misalkan ingin menjumlahkan masing-masing, seperti contoh 287+367. Caranya denga menulis rumus pada kolom sampingnya dengan =H3+I3yang merupakan letak kolom keduanya. Setelah itu tekan ENTER, maka secara otomatis hasilnya akan keluar. Cara yang sama juga dapat dilakukan pada pengurangan, perkalian dan pembagian.

Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah

3. Jika ingin menjumlahkan data pada satu kolom kebawah, misalkan hanya kolom H dapat menuliskan rumus =SUM(H3:H10) lalu menekan ENTER, geser ke kolom sebelahnya untuk mengetahui jumlah data salanjutnya.

Semua data dapat dihitung sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hanya butuh ketelitian dalam menuliskan masing-masing “tanda rumus” dan “nama kolom” yang akan dihitung. Jangan sampai salah menulisnya karena akan berdampak pada hasil perhitungan yang dilakukan. 


Demikianlah Artikel Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah

Sekianlah artikel Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menghitung di Excel Dengan Mudah dengan alamat link https://belajarofficeterbaruexel.blogspot.com/2015/09/cara-menghitung-di-excel-dengan-mudah.html

Popular Posts