Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel

Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel - Hallo sahabat Belajar Excel Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Excel, Artikel Tips mudah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel
link : Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel

Baca juga


Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel

Seperti yang telah diketahui bahwa aplikasi Ms Excel identik dengan penggunaan berbagai macam rumus. Semua rumus akan memudahkan dalam melakukan perhitungan apapun sesuai dengan kebutuhan. Dapat melakukan perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bahkan menjumlahkan dalam jumlah yang banyak sekalipun. Salah satu rumus yang terdapat pada aplikasi Ms Excel adalah rumus fungsi IFuntuk mendeteksi benar atau salah. Jika sesuai dengan pengaturan yang diterapkan, maka rumus tersebut akan bekerja secara otomatis menentukan mana yang benar dan mana yang salah sesuai dengan perhitungan matematis.
Untuk lebih jelasnya, berikut cara penggunaan rumus fungsi IF pada Ms Excel:

1. Siapkan data yang akan diolah, misalkan menentukan nilai yang masuk pada kategori lulus atau tidak. Secara matematis nilai yang lulus adalah diatas 60 dan yang tidak lulus dibawah 60. Tantukan juga jumlah nilai maksimal kelulusan misalkan 60.  

2. Membuat kolom nama siswa, nilai, dan keterangan lulus atau tidak lulus.

3. Letakkan kusror mouse pada cell B2 lalu tulis rumus =IF(B2>=60;"LULUS";"TIDAK LULUS").

4. B2 merupakan letak cell nilai pertama pada data tersebut. Penulisan rumus dapat disesuaikan dengan letak cell nilai pertama.

5. Setelah itu akan muncul tampilan keterangan seperti gambar di bawah ini jika rumus yang dimasukkan sudah benar.

 Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel

6. Selanjutnya dapat meletakkan kursor mouse pada cell keterangan awal lalu tarik kebawah, maka semua hasilnya akan keluar secara otomatis.

 Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel

Jika telah memahami bentul tentang fungsi rumus IF secara menyeluruh, cara ini juga dapat diaplikasikan pada hal lain. Sehingga pekerjaan semakin mudah dan cepat, hasilnya akan dipastikan semuanya benar. 


Demikianlah Artikel Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel

Sekianlah artikel Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Excel dengan alamat link https://belajarofficeterbaruexel.blogspot.com/2015/09/cara-menggunakan-rumus-fungsi-if-di.html

Popular Posts