FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT

FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT - Hallo sahabat Belajar Excel Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT
link : FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT

Baca juga


FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT

FUNGSI OFFSET DAN INDERECT

1. Fungsi OFFESET : Menghasilkan sebuah reference bisa berupa cell atau range dengan                   menentukan posisi cell atau range berikut lebar dan ketinggia range.
Syntax : OFFSET(reference;rows;cols;[height];[width)

  • Reference : Posisi awal yang digunakan untuk menentukan perhitungan sebuah cell atau range.
  • Rows : Jumlah baris yang akan digeser dari posisi awal, jika positif maka digeser kebawah dan jika negatif digeser ke atas.
  • Cols : Jumlah kolom yang akan digeser dari posisi awal, jika positif maka digeser kekanan dan jika negatif digeser ke kiri.
  • Height : Jumlah baris yang akan dihasilkan, harus berupa angka positif.
  • Width : Jumlah kolom yang akan dihasilkan, harus berupa angka positif.

Misal ada data pada gambar dibawah ini.



















Cell B4 digunakan untuk posisi awal, kemudian cell B4 digeser 2 baris kebawah dan 2 kolom kekanan hasilnya adalah cell D6, kemudian diambil sebanyak 1 baris dan 1 kolom (1cell), hasilnya adalah nilai yang ada di cell D6 yaitu 7.

Contoh fungsi OFFSET diatas adalah yang menghasilkan reference sebuah cell. Pada gambar dibawah ini adalah contoh fungsi OFFSET yang menghasilkan reference beberapa cell (range).





















Cell B4 digunakan sebagai posisi awal, kemudian cell B4 digeser 2 baris kebawah dan 2 kolom kekanan, hasilnya adalah cell D6, kemudia diambil sebanyak 8 baris 1 kolom (8 cell), hasilnya adalah range D3:D11, karena menghasilkan sebuah range maka hasil fungsi OFFSET tidak bisa berdiri sendiri dan bisa menghasilkan error. Maka dari itu dibutuhkan sebuah reference lainnya menggunakan hasilnya fungsi OFFSET, misalnya fungsi SUM. 

2. Fungsi INDIRECT : Digunakan untuk mengembalikan sebuah nilai dari sebuah reference yang         bertipe  text.
    Syntax :  INDIRECT(ref_text;[a1])

  • Ref_text : Adalah alamat cell reference yang digunakan dan bertipe text.
  • A1 bernilai TRUE atau FALSE , jika TRUE maka ref_text dianggap menggunakan A-style reference sedangkan jika FALSE ref_text dianggap menggunakan RICI_style reference, jika diabaikan maka A1 akan bernilai TRUE.





















Fungsi INDIRECT ("C5") akan menampilkan isi dari cell C5 yaitu 7. selain sebuah cell fungsi INDIRECT juga bisa diberi reference berupa range, sama seperti OFFSET, jika sebuah range yang digunakan maka tidak bisa berdiri sendiri, harus menggunakan fungsi lain yang menggunakan hasil fungsi INDIRECT.




















Hasilnya fungsi =SUM(INDIRECT("C5:C10")) sama dengan SUM(C5:C10)




Demikianlah Artikel FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT

Sekianlah artikel FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel FUNGSI OFFSET DAN INDIRECT dengan alamat link https://belajarofficeterbaruexel.blogspot.com/2016/12/fungsi-offset-dan-indirect.html

Popular Posts