FUNGSI LEFT LOOKUP

FUNGSI LEFT LOOKUP - Hallo sahabat Belajar Excel Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul FUNGSI LEFT LOOKUP, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : FUNGSI LEFT LOOKUP
link : FUNGSI LEFT LOOKUP

Baca juga


FUNGSI LEFT LOOKUP

FUNGSI LEFT LOOKUP

1. Fungsi LEFT LOOKUP : Merupakan metode lain yang dilakukan dalam menentukan suatu nilai fungsi VLOOKUP. Sebenarnya LEFT LOOKUP  bukan sebuah fungsi yang ada di Microsoft Excel, melainkan sebuah metode yang memanfaatkan fungsi MATCH dan fungsi INDEX.
Syntax : = MATCH(kategori;datamaster;0)

Dengan menggunakan data pada gambar dibawah ini dalam pembahasan sebelumnya pada fungsi VLOOKUP, berapakah margin masing-masing barang berdasarkan masing-masing kategori ?






















Fungsi pertama yang digunakan adalah fungsi MATCH, digunakan untuk mencari tahu posisi masing-masing kategori di data master.

Berikut formula fungsi MATCH serdasarkan contoh data diatas.
Syntax : =MATCH(D12;$D$5:$D$7;0)






















Hasilnya kategori A1 ada dibaris 1, kategori A2 ada dibaris 2 dan kategori A3 ada dibaris 3 dari range $D$5:$D$7. Setelah memperoleh posisi dari masing-masing kategori langkap selanjutnya adalah mencari tahu berapa nilai margin untuk masing-masing kategori dengan menggunakan fungsi INDEX.

Berikut modifikasi formula yang digunakan dengan fungsi MATCH dan fungsi INDEX.
Syntax : =INDEX($C$5:$C$7;MATCH(D12;$D$5:$D$7;0))






















Range $c$5:$c$7 berisikan data margin, dengan memberikan posisi baris yang dihasilkan fungsi MATCH maka akan didapat margin masing-masing kategori.




Demikianlah Artikel FUNGSI LEFT LOOKUP

Sekianlah artikel FUNGSI LEFT LOOKUP kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel FUNGSI LEFT LOOKUP dengan alamat link https://belajarofficeterbaruexel.blogspot.com/2016/12/fungsi-left-lookup.html

Popular Posts