fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel

fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel - Hallo sahabat Belajar Excel Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel fungsi excel, Artikel Rumus Excel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel
link : fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel

Baca juga


fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel

fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel

Artikel kali ini akan membahas tentang fungsi pembacaan tabel dalam microsoft office excel. sebelumnya sudah dibahas fungsi pembacaan cell pada artikel sebelumnya. untuk membedakan fungsi ini tidaklah sulit, cukup dengan membedakan hurup awal dari masing-masing fungsi.

apa perbedaan vlookup dan hlookup?

jika awalnya adalah hurup V arti kepanjangan dari hurup V adalah vertikal maksudnya pembacaan data dari tabel dengan format input datanya secara vertikal. jika awalnya adalah hurup H artinya horizontal yaitu pembacaan data dari tabel dengan format input datanya secara horizontal atau mengarah kesamping.


contoh tabel master jenis vertikal dan horizontal 

http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar perbedaan format input data
Jika sudah memahami jenis inputan tabel seperti gambar diatas, maka berikutnya akan ke contoh penggunaan rumus vlookup dan hlookup.

contoh penggunaan rumus VLOOKUP

http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar penggunaan rumus vlookup
Dari gambar diatas bisa dilihat pada cell D6 terdapat penggunaan rumus vlookup dengan ketentuan tooltips nya "lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup]"
  • lookup_value : ambil atau tentukan cell yang akan disamakan datanya, contoh gambar diatas yaitu cell C6
  • table_array : ambil atau tentukan tabel master yang berisikan data keseluruhan, contoh gambar diatas yaitu range $B$14:$D$16 (yang sudah di absolute kan)
  • col_index_num : tentukan kolom keberapa dari tabel master yang akan diambil, contoh gambar diatas yaitu ada 3 kolom. kolom1 kode barang, kolom2 nama barang, kolom3 harga. ketik angka 2 untuk memunculkan informasi dari nama barang.
  • [range_lookup] : berfungsi untuk menentuka true atau false dari kondisi vlookup yang dibuat. contoh gambar diatas ketikan angka 0.

contoh penggunaan rumus HLOOKUP

http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
Gambar penggunaan rumus hlookup
untuk contoh penggunaan rumus hlookup, tidak jauh berbeda seperti penjelasan vlookup sebelumnya. yang membedakan hanya tooltips yang ke tiga. jika dalam vlookup "col_index_num", maka pada hlookup "row_index_num" yang artinya baris ke berapa yang ingin ditampilkan datanya. penjelasan dari hlookup seperti dibawah ini :

dari gambar diatas bisa dilihat pada cell E6 terdapat penggunaan rumus hlookup dengan ketentuan tooltips nya "lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup]"
  • lookup_value : ambil atau tentukan cell yang akan disamakan datanya, contoh gambar diatas yaitu cell C6
  • table_array : ambil atau tentukan tabel master yang berisikan data keseluruhan, contoh gambar diatas yaitu range $E$18:$G$20 (yang sudah di absolute kan)
  • row_index_num : tentukan baris keberapa dari tabel master yang akan diambil, contoh gambar diatas yaitu ada 3 baris. baris1 kode barang, baris2 nama barang, baris3 harga. ketik angka 3 untuk memunculkan informasi dari harga.
  • [range_lookup] : berfungsi untuk menentuka true atau false dari kondisi vlookup yang dibuat. contoh gambar diatas ketikan angka 0.
sekian paparan artikel tentang penggunaan rumus vlookup dan hlookup. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.



Demikianlah Artikel fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel

Sekianlah artikel fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel fungsi pembacaan tabel menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada aplikasi excel dengan alamat link https://belajarofficeterbaruexel.blogspot.com/2017/02/fungsi-pembacaan-tabel-menggunakan.html

Popular Posts