Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

Pengertian Ms Excel dan Fungsinya - Hallo sahabat Belajar Excel Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Ms Excel dan Fungsinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Excel, Artikel Tips mudah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Ms Excel dan Fungsinya
link : Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

Baca juga


Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

Jika mendengar tentang Excel tentunya akan terbayang berbagai macam angka dan rumus-rumus yang terlihat rumit. Dalam Ms Office, Excel merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu pekerjaan yang berhubungan dengan berhitung dan biasanya untuk menghitung data dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu excel juga dapat digunakan untuk memasukkan nilai dan menentukan rata-ratanya sekaligus. Dengan menggunakan excel, jika ingin membuat grafik akan lebih mudah dengan hasil yang akurat.

Seperti pada sebagian besar program Ms Office yang memiliki berbagai macam menu. Ms Excel juga mempunyai menu pilihan dengan fungsi masing-masing. Ada Clipboard, Font, Alignment, Numbers, Styles, Cells dan Editing dan semuanya dapat digunakan sesuai dengan kabutuhan pengguna.  

Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

Bagi pemula yang baru saja mengenal Excel tentunya harus mengetahui beberapa komponen yang terdapat di dalamnya yakni sebagai berikut.

1. Row heading

Row heading biasa disebut dengan kepala garis, merupakan bagian yang berguna untuk menunjukkan lokasi baris yang sedang dikerjakan. Jumlah baris yang terdapat di excel sebanyak 65.536 baris. Letaknya di bagian kiri yang berupa tulisan angka-angka dari angka 1 sampai seterusnya.

Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

2. Column heading

Sama seperti row heading, bagian ini juga berfungsi sebagai penunjuk lembar kerja yang berupa huruf A sampai Z. Setelah sampai pada kolom Z, pengguna akan menjumpai kolom AA, AB, sampai dengan AZ dan BA, BB sampai BZ dan seterusnya sampai jumlah terakhir kolom ke 256.

Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

3. Cell pointer

Merupakan fungsi yang berguna untuk menunjukkan cell yang aktif. Misalkan yang aktif adalah B2, maka cell pointer akan terletak di cell tersebut.

Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

4. Formula bar     
 
Tempat untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan digunakan dalam perhitungan dan terletak di bawah menu bar.

Mengenal Rumus di Excel

Rumus merupakan bagian terpenting pada aplikasi Ms Excel, jika salah dalam penulisan rumus maka data tidak akan selesai dengan sempurna. Berikut ini beberapa lambang yang digunakan dalam penulisan rumus.

= digunakan hampir pada setiap awal penulisan rumus.
+ untuk menambahkan.
- untuk mengurangkan.
* untuk mengalikan.
/ untuk membagi.
SUM untuk menjumlahkan data.
AVERAGE dan COUNT untuk menentukan jumlah rata-rata.
MIN dan Max untuk menentukan jumlah nilai terkecil dan terbesar.

Header dan Footer

Sama halya pada aplikasi Ms Word, pengguna Ms Excel juga dapat menambahkan header dan footer bila perlu. Caranya pilih menu Insert pilih Header Footer, setelah itu lembar kerja pengguna akan mempunyai tampilan seperti ini.

Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

Itulah penjelasan pengertian dan beberapa item penting yang terdapat dalam aplikasi Ms Excel dengan fungsinya masing-masing. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi pengguna aplikasi Ms Excel yang masih pemula. 


Demikianlah Artikel Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

Sekianlah artikel Pengertian Ms Excel dan Fungsinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Ms Excel dan Fungsinya dengan alamat link https://belajarofficeterbaruexel.blogspot.com/2015/09/pengertian-ms-excel-dan-fungsinya.html

Popular Posts