Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel - Hallo sahabat Belajar Excel Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cara, Artikel Excel, Artikel Tips mudah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel
link : Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

Baca juga


Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

Menambahkan angka Nol (0) di depan pada cell Excel bukan perkara yang mudah. Bagi yang sudah sering berjumpa dengan aplikasi Excel pastinya telah mengerti akan hal ini seperti (0500) dan penulisan kode tertentu (PS-200). Akan tetapi jika yang jarang menggunakan pastinya akan kaget ketika sudah mengetik angka nol di depan dan akan hilang begitu saja. Tidak hanya sulit untuk menulis angka nol di depan, terkadang jika ingin memasukkan satuan (mm, m, dm, dan lain-lain) ingin melakukannya dengan cara otomatis. Dengan hanya mengetik angka, satuan akan muncul dengan sendirinya. Untuk mengatasi sedikit masalah dan untuk mempercepat menulis angka nol (0) dan mempercepat menulis satuan serta kode, berikut penjelasannya.

Menambahkan nol atau beberapa nol di depan

Misalkan ingin mengetik angka 000245, tidak perlu sulit-sulit menghabiskan waktu mengetik semuanya. Cukup dengan 245, maka otomatis angka nol (0) akan muncul dengan sendirinya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Blok beberapa cell yang ingin di format dengan cara mengarahkan kursor mouse pada cell yang di inginkan.

2. Setelah itu Ctrl+1 atau klik kanan supaya kotak dialog Format Cell terbuka. Pada kolom Number, pilih Custom yang terletak paling bawah.

Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

3. Jumlah karakter yang ingin di masukkan berjumlah 6. Maka ketik angka nol (0) berjumlah 6 pada kolom Type, lalu klik Ok.


Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

Membuat satuan tertentu

Membuat sauan tertentu pad Excel memang perkara yang mudah, tinggal menulisnya dibelakang Angka. Akan tetapi jika semua satuan sama, maka tidak ada salahnya untuk melakukannya dengan cara otomatis dengan cara berikut ini:
1. Pengaturan ini hanya untuk tampilan, sehingga tidak mempengaruhi format Angka itu sendiri. Oleh karena itu masih dapat menghitung seperti biasanya.  
2. Sama dengan cara diatas, hanya saja pada kolom Type, ketik #”cm” jika ingin menggunakan satuan cm. Pengaturan dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan satuan yang ingin di gunakan.

Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

Membuat tulisan di depan angka dan tanda penghubung

Misalkan ingin menulis seperti ini CBO-292, dapat menggunakan cara seperti dibwah ini:
Tetap pada kolom Type, ketik kode "COM-" # dan klik Ok.

Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

Jika ingin menghapus format yanga telah di atur sebelumnya atau menghapusnya. Blok Cell yang tadi di pilih sebelumnya pada pengaturan awal. Pada menu Home, grup Editing klik Clear dan pilih Clear format.  

Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

Itulah cara mudah untuk enmambahkan Nol dan Teks di depan dan belakang angka pada program Ms Excel. Semoga dapat menambah informasi khususnya bagi yang membutuhkan dan selamat mencoba.  



Demikianlah Artikel Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel

Sekianlah artikel Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menambahkan Nol dan Teks di Depan dan Belakang Angka Excel dengan alamat link https://belajarofficeterbaruexel.blogspot.com/2015/07/cara-menambahkan-nol-dan-teks-di-depan.html

Popular Posts